PTK


Djiwandono, Patrisius Istiarto, (2012) Meneliti itu Tidak Sulit: Metodologi Penelitian Sosial dan Pendidikan Bahasa. Ed.l, Cet. 1, Yogyakarta: DEEPUBLISH.
Penelitian Tindakan Kelas (PTK), disebut juga Action Research, adalah jenis desain penelitian yang dewasa ini dipersyaratkan dari para guru untuk naik ke pangkat yang lebih tinggi. Namun demikian metodenya tentu bisa diterapkan di mana saja, utamanya situasi atau pekerjaan yang berkaitan dengan sekelompok pembelajar atau audiens. (Djiwandono, 2012:92) PTK bertujuan utama untuk mendapatkan solusi yang cepat terhadap suatu masalah yang timbul di kelas. PTK berjalan dalam sebuah siklus, yang dimulai dengan pengenalan masalah, perencanaan solusi, penerapan solusi, dan evaluasi untuk mengetahui efektivitas solusi tersebut. Jika hasil evaluasi menunjukkan bahwa solusi itu sudah efektif, maka langkah berikutnya adalah pemantapan solusi. Namun jika belum, langkah berikutnya adalah kembali merancang solusi, menerapkannya, dan mengevaluasinya lagi sampai benar-benar terbukti efektif. (Djiwandono, 2012:92)

Gultom, Ramli, Rosdiana Rajagukguk, [dan] Rasmin Simbolon (2010) Menjadi penulis penelitian tindakan di kelas dan di sekolah (PTN & PTS) action research Medan: USU Press.
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau dalam Bahasa Inggris disebut dengan Classroom Action Research (CAR). CAR adalah jenis penelitian praktisi yang dilakukan oleh guru untuk meningkatkan praktek profesionalismenya. Kata action dalam istilah action research berimplikasi pada adanya tindakan atau perubahan. Dalam CAR, gurulah yang mengidentifikasi permasalahan terkait dengan kegiatannya sehari-hari, dan guru tersebut pulalah yang mengumpulkan informasi dan data, menganalisis dan memaknai serta mengaitkannya dengan praktek mereka selaku pengajar di dalam kelas. (Gultom,2010:20)

No comments:

Post a Comment